Dampak Positif Lionel Messi Bagi Paris Saint-Germain

By ommed


nusakini.com - Gelandang Paris Saint-Germain Ander Herrera menyebut adanya dampak Lionel Messi bagi klub sejak kedatangan sang superstar ke Parc des Princes.

Herrera direkrut PSG dengan status bebas transfer pada 2019 setelah kepergiannya dari Manchester United. Sejak itu, ia membantu klub memenangkan enam trofi domestik dan mencapai final Liga Champions perdana mereka.

Kylian Mbappe dan Neymar telah mempelopori perburuan trofi PSG selama periode itu, namun Messi menambahkan daya tembak yang lebih besar ke dalam skuad Mauricio Pochettino pada musim 2021/22 ini.


Messi, yang menghabiskan 21 karier gemilangnya bersama Barcelona sebelum meneken kontrak bersama PSG pada Agustus, telah mencatatkan enam gol dan lima assist dalam 16 pertandingan pertamanya bersama raksasa Prancis itu.

Herrera menyebut Messi tidak harus berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di Prancis, dan striker asal Argentina itu justru memberi dampak yang positif untuk tim.

"Pemain-pemain selevel Messi mempersingkat waktu aklimatisasi," ujar Herrera kepada Mundo Deportivo.

"Ia akan bermain dengan cara yang sama di Prancis, di Spanyol, di Jepang, atau di Madagaskar."

"Ia telah memenangkan Ballon d'Or yang ketujuh dan berlatih serta menikmati seolah-olah dia baru bermain sekarang. Tidak ada aksi latihan yang dianggap sebagai lelucon."


"Kadang kami telah melihat versi terbaik Leo, seperti lawan [Manchester] City di kandang, tapi saya pikir itu juga tanggung jawab semua orang di sekitarnya. Kami harus menempatkan diri kami pada layanan untuk mendapatkan yang terbaik darinya. Biasanya pemain-pemain reguler harus beradaptasi dengan konteks baru."

Ditanya apakah Messi dibayangi oleh Messi, Herrera menjawab: "Kylian akan menjadi pemain terbaik di dunia selama bertahun-tahun yang akan datang, tapi kita semua setuju bahwa Leo adalah nomor satu. Tidak diragukan lagi. Mbappe memiliki kerendahan hati dan keinginan yang luar biasa untuk belajar dari Leo." (gi/om)